3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1
Tujuan
Untuk apa belajar mengetik 10 jari
apabila dengan ‘11’ jari saja pekerjaan sehari – hari telah dapat
dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan
terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.
Memang seorang teknisi tidak
membutuhkan kecepatan dan kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang
sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana
kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan
tepat adalah sebuah keharusan.
3.2
Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan Anda
(silakan menggunakan word processing apa pun, mintalah bantuan
instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda
butuhkan untuk mengetik keseluruhan kalimat.
Pesatnya
kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi, disingkat TIK,
atau disebut pula informatika,
yang kemudian berkembang menjadi telematika, serta meluasnya perkembangan infrastruktur
informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri,
perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan
dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk
terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan
masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai
keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi TIK
secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam kesenjangan digital (digital
divide). Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan
pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula digital
divide di dalam negara kita sendiri.
|
·
Hitung waktu
yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
·
Hitung
kesalahan kata dan huruf yang Anda lakukan dalam pengetikan tersebut.
·
Ingin mengetik
dengan lebih cepat ?
Lebih akurat ? Dan
lebih Profesional ?
Silakan
meneruskan mempelajari dan mempraktekkan latihan di modul ini
|
3.3
Tips menggunakan keyboard
Di masa sekarang ini
telah tersedia berbagai macam produk keyboard
yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang
lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda,
terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya
mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam
majalah "Her World".
"Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya.
Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1.
Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak
tangan
Upayakan pergelangan
tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan
anda seperti mengambang. Jangan tegang.
2.
Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam
posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik,
selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat
lelah.
3.
Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa
lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang.
Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.
Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol
dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda
sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.
Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan
tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard.
Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.
Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
3.4.1 Posisi Pertama
Tangan Kiri
|
||||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
||
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
||
Baris Keempat
|
=
|
X
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
3
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
||
Baris Keempat
|
=
|
C
|
||
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4 dan 5
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
||
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
|
||||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
6 dan 7
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
||
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
8
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
||
Baris Keempat
|
=
|
,
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
||
Baris Keempat
|
=
|
.
|
||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L, ;, ‘ dan Enter
|
||
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
3.4.2
Posisi Kedua
Tangan Kiri
|
||||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
||
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2 dan 3
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
||
Baris Keempat
|
=
|
X
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
||
Baris Keempat
|
=
|
C
|
||
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
5 dan 6
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
||
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
|
||||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
7 dan 8
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
||
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
||
Baris Keempat
|
=
|
L
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
||
Baris Keempat
|
=
|
.
|
||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
;, ‘ dan Enter
|
||
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Windows, left click dan ctrl kanan
|
Modul ini menggunakan
cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.
3.5
Latihan Dasar
Bagian ini merupakan
latihan – latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik langkah –
langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya
apabila latihan pertama belum dikuasai dengan baik.
3.5.1
Latihan penguasaan tombol pangkal
Garis pangkal ini adalah
letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali pada posisi
garis pangkal.
ff ff
ff ff jj
jj jj jj fj fj fj jf jf ff
jj fj fj jf jf
dd dd dd kk kk kk dk
dk kd dk
dd kk fk
jd kj jk kj
ss ll ss ll ss
ll sl ls ls ls js fl
fl dl dl ld js lf ld
aa aa ;; ;; aa
aa ;; ;;
a; a; a;
aj aj aj
f; ka da
ja f;
jaf faj dak kad jad dal lad
sad sak kas dak kal
jak lak
daka kada lasa sala
fasa
asaf asal sadal
akal adas jala
jasa lasak falak
salak jalak fasal
jasad kadal kakak
jajal
jakad sakal kadas
kasad kasal kas dadak sadak saja alas
jaksa ada kala;
kakak ada dada;
jaksa jajal fasal
fasal
3.5.2
Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan
jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari
kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris
fg fg gf
jg gj dg kg kg
sg lg ag
jg lg ag
jg lg sg dg gd
gaf gad gal
gas gaj gagak
gagad jagad gagal
lagak galak
gaja jaga gasak
gadak gasal gajak
gagak gafa gagal
gafa
galak jagad gagal
gagak sagak lagak
gafal gafaj lafas gas
ada gagak galak;
galak gagak ada
saja; saja gagak
fasal
3.5.3
Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik dengan
jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk,
sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
jh jh hj
fh hf hk kh hd
ha hl sh
ah ha hl hs
jah fah gah
dah sah lah
hal has hak
hah hag fah dah
hajag gadah halal
hagal lafah halal
kalah lajah sadah
hafal hafas hajag
jadah asah gajah
jaha jasad gajah
akal
lafal gajah salah
jagad; kadal salah
gajah; kasa jaksa
3.5.4
Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke
sebelah atas.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
de de de ed
ed ed ke
ek fe je
fe ge se
le ke se dek
dede keke
dekdek kedked dedak
ledas sedak dedes ledas
kekal sedah
lekah gede jedah
lelah gedek saleh
hehe
3.5.5
Latihan penguasaan tombol i
Tombol i
diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ki ki
ki ik ik
ik di di
fi fi ji
ji li si
is di ki
di di
ki didi
dedi keki sili
lisi siki didik
dedik didih dedi keki
lili leli
sisi lidi asih
gigi gigih jika
alih kaki daki jikil
didik didi
lihai sedih siji
gili gila hilaf
fisik sedih lihai
3.5.6
Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
fr fr fr
rf rf rf
jr jr rj
rj gr gr
rg rg rh
kr dr sr
fir fer
ker lir sir
ser ler air
lari kari kiri
dari kiri rid
raki rika
geri heri jeri
feri seri lira
sari deras jari deras
era eri geri
risa riri kera
dera liar riak
rial rias rere eri
3.5.7
Latihan penguasaan tombol u
Tombol u
diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ju ju
ju uj uj
uj fu fu
uf gu ug
hu uh du lu
ul sul
juju fuju
guju huju kuku
duduk susu lusu
suku ujuk juri
ujud sujud kuah sauh
guruh deru jeruk
deruh ragu sagu
deru saku
laku kaku siku
rusak luas kura
lagu salju gusi
3.5.8
Latihan penguasaan tombol m
Tombol m
diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jm jm
jm mj mj
mj fm mf
dm md km
mk ms im
sm am
mia mie
mis mid mif
mud mur muak
muka rame rumah
jama jamu
jemu mimis mila
mimic demi semir
mile limau
ramah samak
lemak mika, gama
jamak maka mamuk
3.5.9
Latihan penguasaan tombol v
Tombol v
diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fv fv
fv vf vf
vf hv vh fv fv
iv vi dv vd vk kv vl
vur vir
val vak vaf
vakir vas vava
vasir luv vul
vuvur viva
vuvu vulva
vis vulva vikda
vules veksi viksa
vulva veve
gavur haver
juvel livak kurva
larva serva vivi
vasu suva
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n
Tombol n
diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jn jn
jn nj nj
nj jan nam
jin jen nevl
neni nina nini
nana makan nian deni
senian anin nian
mian nisah ninah
gung gunung
junan fanni nisan
hiasan human nunuk nava
niur sana
sini mina vandal
mannen nama nenek
nanu niru
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b
Tombol b
diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fb fb
fb bf bf
bf jb bj
bk bal lab
bas buk bek bikin
bubuk baba
babi bibi bebek
lubuk kubu bubur dubur bulu
baris bala
baker badu babi
basi bari bisul
beruk babak
bani bakmi
bendi badak barak
benak bivak beruk busuk
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c
Tombol c
diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
dc dc
dc ce cd
cd kc ck
jc ic cl
ch gc cg
cd
cece cuka
ceki cucu caca
cici cari cicil
curi ceri carilah
cadu cuad
cecis nacis leces
lecet licu macu
baca ceceb
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma
Tombol
koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
cucu
nenek, anak ibu, adik kakek,
lurah, cucu, nenek,
ibu,
anak, adik, sama,
jani, gajah, macan,
rusa, camar, kejam,
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t
Tombol t
diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ft ft
ft tf tf
tf ft tf
lt tl st
nt mt tm
tn ts st
tm
fit tek
tak tuk tika
teri tiku timun
teriak tarik titi
tek
taci tecu
tacu taji tareh
atgi timun tinggi
titing tuti
seriti sarut
tuan tutu tajah ganti setuju
catu sarut tuka
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y
Tombol y
diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jy jy
yj yj hy
yh fy yf
yt yt ty
uy yu yhj
yhy juy kuy
yeni yuyu
yareh yety jaya
raya saya daya
kayu layu
yati gayu
hayu masayu dayan
citayan cilamaya sayur yari
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o
Tombol o
diketik dengan jari manis kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
lo lo
lo so so
ko ok do
fo jo ho
so lo co
to vo lo
lolo sono
olo solo kodok
rokok totok golok
holo alo elok
olok ojak
okumeno bodoh jorok gado cocok
odek reok
otak olah
solo Volvo oyak
yoyo yono tono
otak olah solo
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w
Tombol w
diketik dengan jari manis kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sw sw sw
ws ws lw
lws sws lws
cow woll loww soww
woll wall
which saw was
who which what
who cow wall
wolf waht
which saw was
twi two town
khow down
jewells giwang
hawa mawas sawa ketawa sawo
mawar
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik
Tombol
titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ll. s. ol.
sw. ll. ss.
sws. lolo. so.
los. kaos. lolos.
hari ini cocok untuk ia bermain. sedang kemarin ia tidak tidur
hari ini untuk bermain. sedang kemarin ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini.
sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift
kiri yang ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka tombol
shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
Juni, Korma,
Lerry, Itik, Musa,
Harry, Unu, Noyo,
Juni,
Ferry, Gajah,
Dick, Sulaiman, Agustus,
Gurry, Bakar, Dock,
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p
Tombol p
diketik dengan jari kelingking kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
pp ap
sp dp fp
lp kp gp tp cp
up mp ap wp pp
ap
apa papa
panam palu paku
pasar patal pagar
pagi papa
papan gapur
cipa yapa peri
pakta pastor pondok
pantun
japan gapur
cipa yapa copot
bapak pispot wingpt
panu
Padi menguning,
pastor membaca, Phospor
bahan kimia
3.5.21 Latihan penguasaan tombol x
Tombol x
diketik dengan jari manis kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sx sx
sx xs xs
xs lx xl
dx xd fx
kx xk wx
xw kx
max nes
lex dex telex
xenon ex donex
maxy sexy xeres
exec laxi
maxi taxi rotax
xixi xuci telex
six taxi laxi cixi
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q
Tombol q
diketik dengan jari kelingking kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
aq aq
aq qa qa
jq qj kq
qk bq qv
cq xq tq
rq
quin qoqo
qaqa Qantas qanqan
qimpu quker quares
qoqo
Conqueror
makan Quakeer, Queen dinobatkan pada hari
ini.
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z
Tombol z
diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
az az
az za za
za zz za
az kz dz
zd iz wz
qz zq iz
taz zat
zar zul zone
zigzag zamzam zone
zitzit zaszas zat
Ijazah, Zone,
Zigzag, Zamzam, Zulkarnaen,
Zulham, Zone.
3.5.24 Latihan penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka
ini perlu mendapat perhatian yang serius karena tata letak tombol yang agak
sukar.
Angka 1 :
dengan jari kelingking kiri ke atas
Angka 2 :
dengan jari manis kiri ke atas
Angka 3 :
dengan jari tengah kiri ke atas
Angka 4 :
dengan jari telunjuk kiri ke atas
Angka 5 : dengan
jari telunjuk kiri ke atas
Angka 6 :
dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 7 :
dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 8 :
dengan jari tengah kanan ke atas
Angka 9 :
dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0 :
dengan jari kelingking kanan ke atas
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
a1 a1
a1 1a 1a
1a q1z s1s
a1 a1 z1
1z 11 a1
11 s1
Saya
perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
S2 S2
w2 x2 12
c2 s2 w2
12 s2 w2
12 k2 d2
f2 s2 12
d3 d3 e3 e3
d3 de3 dc3
cd3 ce3 ce3
kd3 fr3 gr3
de3
Ayah
mempunyai cucu sebanyak 3 orang.
y4 y4
y4 4y rr4
f4b f4m 4fm
4ry y4r y4
c4
f5 f5
5f 5f 5f
f5v f5g 5g5
55ff 5f f4g
gg4 5f5 f5
Rokok 55
express buatan London.
j6 j6j
y6y j6m j6u
6j6 6u6 6un
h6y y6y 6yh
6yn 6ym
j6 j6j
j6u 6j6 6u6
6um h6y y6y
6yh 6yn 6ym
6ym 6y6
Dalam
tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.
J7 j7j
ju7 jm7 yu7
7un ju7 u7j
j7j 7j7 j7j
7uj 7uj
Satu
minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
k8 k8k
8k8 ki8 dk8
8ki 88k 8d8
8dk d8i dk8
88i
l9 l9l 99 lo9
sl9 sl9 l9l
99s oo9 ll9
9l9 o9o ao9
9ol
1a 10
100 010 1p
p1 p0 001
0p1 101 000
0p p1
3.5.25 Latihan penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca
yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol
shift kiri atau kanan dan selanjutnya menekan tombol angka yang sesuai.
Untuk tanda – tanda baca
yang terletak di sebelah kanan, diketik dengan menggunakan jari kelingking
kanan.
Tanda
kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah.
Ketiklah
kata berikut masing – masing 5 baris.
PT.
“SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.
5% dari
10.000 kg = 500 kg
L = Pound
Sterling adalah mata uang Inggris.
$ =
Dollar adalah mata uang USA.
(Dr.Ir.Gatot
Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas Jakarta
3.5.26 Latihan mengetik cepat
Ketiklah kalimat –
kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit (100 hentakan per – menit).
mantu kemu manuk
maman mimic merah majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan
kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan adiknya baru besuk orang
sakit bandi selalu pergi ke pasar malam tiap hari membawa ban sepeda cocok
cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela cebe lombok cantik
xermon texas taxi maxi express volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco
dagama azan wazir bravo the quick bravo zarah azam azar vas bunga layu
lemah gemulai tenang tidur siang
|
1.
Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian
pada SMK yang saat ini Anda geluti. Tulis esai tersebut dengan mengetik pada
komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai
1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10 menit.
2.
3.7 Tes formatif kegiatan belajar 2
Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
ceritakan makna
gambar di samping dengan
Tuliskan pada
komputer dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter 500 - 600 dan
waktu kurang dari 5 menit.
|
3.7 Tes formatif kegiatan belajar 2
Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs, Pelajaran
Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
No comments:
Post a Comment